Gara-gara Rem, Hyundai Bakal Recall Mobil Kona - Seputar Teknologi

"MEMBERIKAN INFORMASI TERKINI MENGENAI TEKNOLOGI TERBARU, BERITA-BERITA TERKINI, SERTA TIPS DAN TRIK YANG BERMANFAAT"

Rabu, 02 September 2020

Gara-gara Rem, Hyundai Bakal Recall Mobil Kona



Penarikan unit kendaraan dari konsumen untuk dilakukan perbaikan, biasa dilakukan oleh pabrikan otomotif ketika menemukan masalah atau kendala di produknya. Kegiatan ini dikenal masyarakat sebagai recall mobil.

Kali ini, recall dilakukan oleh pabrikan Korea Selatan, Hyundai. Produk bermasalah tersebut adalah mobil listrik Kona, dan Nexo fuel cell. Keduanya diinformasikan di negara asalnya.

Pengecekan dan perbaikan dilakukan pada mobil Hyundai Kona dan Nexo fuel cell, lantaran ditemukan masalah pada perangkat komponen rem elektriknya. Tak tanggung-tanggung, jumlah total kendaraan yang masuk dalam daftar recall mencapai 50.864 unit.

Melansir dari Carscoops, Selasa 8 Desember 2020, berdasarkan laporan dari kementerian Transportasi Korea Selatan, sistem pengereman kedua mobil ini tidak berfungsi dengan baik karena diduga ada cacat perangkat lunaknya.

Meskipun baru masuk dalam daftar recall, belum ada laporan yang menyebut terjadi peristiwa kecelakaan akibat masalah pada sistem rem elektrik yang dipakai Hyundai Kona dan Nexo fuel cell.

Mobil listrik Hyundai Kona yang masuk dalam daftar recall, merupakan kendaraan produksi Mei 2019 sampai dengan November 2020, dengan jumlah 40 ribu unit. Sementara Nexo fuel Cell diketahui sebanyak 1.138 unit, produksi Januari 2018 sampai November 2020.

Sebelumnya, Hyundai juga mengumumkan recall mobil listrik Kona karena ditemukan separator di sel baterai rusak akibat kesalahan produksi. Kondisi tersebut, berisiko menyebabkan terjadinya kebakaran.

Jumlah mobil listrik Hyundai Kona yang ditarik karena masalah baterai diketahui mencapai  25.564 unit di pasar otomotif Korea, dan dijadwalkan lebih dari 77 ribu unit lainnya dari seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar