Dua Andalan Baru Mobil Hybrid Toyota - Seputar Teknologi

"MEMBERIKAN INFORMASI TERKINI MENGENAI TEKNOLOGI TERBARU, BERITA-BERITA TERKINI, SERTA TIPS DAN TRIK YANG BERMANFAAT"

Kamis, 02 Maret 2017

Dua Andalan Baru Mobil Hybrid Toyota


Toyota Astra Motor (TAM) memiliki dua mobil ramah lingkungan yang dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Sayang dua mobil ini hanya dipamerkan. Pihak Toyota tak dapat memastikan apakah dua mobil ini bisa turun ke jalan di Indonesia.
 
Sebelumnya, mobil tersebut sudah pernah dipamerkan di acara yang sama pada tahun lalu. Kali ini pihak Toyota tidak hanya memamerkan, tetapi juga menjelaskan secara detail mengenai mobil tersebut.
Dua mobil itu adalah Toyota C-HR dan Prius Gen 4. Keduanya lahir dan merupakan generasi pertama dari platform serupa, yaitu memakai Toyota New Global Architecture (TNGA).
Untuk spesifikasi mesin, mobil sudah menggunakan teknologi full hybrid dengan baterai berkapasitas besar.

"Pengembangannya, memenuhi aspek nyaman dikendarai dengan fitur keselamatan lengkap dan ramah lingkungan," kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto di kawasan BSD, Tangerang.

Menurutnya, kepada dua mobil tersebut, pihaknya tidak hanya menampilkan mobil dengan desain eksterior menggoda. Melainkan sekaligus memenuhi tantangan, yaitu menurunkan kadar karbondioksida.
Saat ini, baik C-HR maupun Prius Gen 4 memakai sistem hybrid yang sama, yakni Hybrid Synergy Drive. 

Mengenai C-HR, sebenarnya mobil itu sudah pernah diperkenalkan di tanah air sejak dipamerkan pada GIIAS tahun lalu. Namun, hingga saat ini pabrikan asal Jepang itu belum berniat membawa C-HR mengaspal di dalam negeri. Rencananya, Maret 2018 baru bakal diluncurkan di Indonesia.
Untuk Toyota C-HR , Mobil berjenis SUV tersebut bisa jalan menempuh jarak sejauh 55 Km. Untuk desain bodinya, Toyota menamakan the Sexy Diamond, di mana lekukan-lekukan bodi dibuat mirip pahatan-pahatan berlian yang seksi.

Mobil tersebut juga telah menggunakan sistem lampu yang canggih, yaitu sequence system, khususnya untuk lampu depan (headlight). Sequence system merupakan teknologi di mana lampu ketika dinyalakan tidak langsung menyala secara keseluruhan, melainkan bertahap dari sudut kanan lalu perlahan ke sudut kiri atau sebaliknya.

Sementara untuk Toyota Prius , Generasi terbaru dari Toyota Prius ini memiliki desain yang sangat sporty dan menawan. Konsep mobil hybrid yang hampir serupa dengan sedan kompetitior yakni CR-Z ini memiliki desain yang sangat aerodinamis yang membuatnya mudah untuk membelah angin sehingga sangat menguntungkan untuk melaju di jalanan. 


Spesifikasi Toyota Prius pada tampilan fascia depan terlihat simpel dengan grill radiator yang berukuran kecil namun dengan memiliki desain lampu yang futuristik serta memiliki front bumper yang terdapat foglamp pada tiap sisinya akan memberikan kesan sporty, modern dan futuristik.

Dapur pacu dari spesifikasi Toyota Prius ini memiliki keunggulan sesuai dengan konsep mobil hybrid yang diciptakan yakni bertenaga, ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Generasi ketiga dari Toyota Prius yang dipasarkan di Indonesia ini menggunakan mesin 2ZR-FXE yang berkapasitas 1.8 liter dengan 4 silinder serta dual VVT-i. 

Mesin tersebut memberikan daya maksimum mencapai 99.3 Ps pada putaran mesin 5200 RPM dengan torsi maksimum mencapai 14.4 Kgm pada putaran mesin 4000 RPM. Tenaga Toyota Prius tersebut masih ditambahkan oleh tenaga yang dihasilkan oleh sistem penggerak roda depan dengan 2 buah motor listrik sehingga akan memberikan tenaga yang lebih besar dan hemat bahan bakar.
Pihak Toyota mengakui, bahwa produk hybrid di Indonesia masih belum bisa dijual dengan harga yang relatif rendah, karena masih terkendala akumulasi pajak yang cukup tinggi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar