Jangan Khawatir Saat Mobil Mogok Di Jalan - Seputar Teknologi

"MEMBERIKAN INFORMASI TERKINI MENGENAI TEKNOLOGI TERBARU, BERITA-BERITA TERKINI, SERTA TIPS DAN TRIK YANG BERMANFAAT"

Kamis, 02 Februari 2017

Jangan Khawatir Saat Mobil Mogok Di Jalan


Mobil mogok alias berhenti dengan tiba-tiba di tengah perjalanan dan sulit dinyalakan (starter) banyak dialami oleh pengguna mobil. Bahkan, sebagian besar di antara mereka mengaku kendaraannya tidak menunjukkan gejala permasalahan saat akan diajak menempuh perjalanan.
Rasa panik dan bingung memang masih kerap dialami oleh kebanyakan orang, bila mobil yang mereka kendarai mengalami mogok di tengah perjalanan. Dan hal demikian tentunya akan sangat mengganggu perjalanan anda berkendara bukan ?

Kebanyakan pengendara mobil akan panik saat mobil yang dikendarai tiba-tiba mati mendadak sebenarnya faktor yang menyebabkan mobil mati mendadak dapat kita deteksi sebelumnya. Berikut adalah hal-hal penting menyangkut kerusakan vital pada mobil berikut langkah-langkah pencegahannya.

Overheat
Untuk mesin mobil modern yang sudah dilengkapi komputer, bila beroperasi melebihi batas suhu kerja, maka komputer otomatis akan melindungi dengan cara menonaktifkan mesin secara bertahap. Misalnya, komputer akan menghentikan kerja kompresor AC, berlanjut ke mode aman (safe mode), hingga saatnya mesin dihentikan secara total.
Namun, mesin era 1990-an belum dilengkapi komputer. Gejala overheat bisa dideteksi dengan munculnya gejala knocking saat berakselerasi. Oleh karena itu selalu periksa cooling system dan jumlah oli mesin secara berkala. Perhatikan indikator suhu mesin saat timbul knocking, dan segera tepikan mobil.


Kebocoran oli
Berkurangnya jumlah oli mesin secara drastis akan menyebabkan friksi pada komponen yang bergerak. Dampaknya,suhu mesin tinggi (overheat) dan keausan luar biasa. Penyebabnya adalah kerusakan pada baut penutup lubang pembuangan oli akibat terkena hantaman benda keras, atau kondisi sil-sil di mesin kurang bagus. Perlu juga cermati indikator oli di dasbor yang akan menyala bila kekurangan pelumas. Periksa oli secara berkala. Jangan menganggap remeh indikator oli yang menyala. Itu menandakan bahwa pompa oli kehilangan tekanan.

Arus listrik aki lemah
Arus listrik aki yang lemah bisa dikarenakan beberapa hal, yaitu karena kabel di terminal plus atau minus aki yang kendur, alternator atau dynamo ampere yang aus, serta aki yang telah habis masa pakainya.

Bila Anda menduga bahwa aki yang bermasalah, maka langkah pendeteksian pertama yang wajib Anda lakukan adalah memeriksa pemasangan kabel di terminal aki. Pastikan apakah kabel tersebut telah terpasang baik atau tidak.


Bila ternyata kendur, maka segera kencangkan. Sebelumnya, bersihkan dulu terminal tersebut dengan menggunakan kertas amplas atau (bila Anda membawa sikat gigi) sikat hingga bersih. Jangan lupa periksa air aki apakah volumenya cukup. Segera tambah jika kurang dari takaran. Namun, bila aki sudah aus karena masa pakai telah habis, maka mau tidak mau Anda harus menggantinya.

Periksa Pemasok Bahan Bakar

Komponen untuk mensuplai bahan bakar seperti karburator (jika anda menggunakan mobil yang masih menggunakan karburator) dan pompa bensin. Masalah pada karburator bisa terjadi jika karburator kebanyakan bensin atau kekurangan bensin. Cara mengatasinya buka filter udara dari karburator dan biarkan terbuka, lalu hidupkan mesin tanpa menginjak pedal gas, jika belum hidup maka injak pedal gas dalam-dalam lalu nyalakan mesin kembali.

Pada bagian komponen pompa bensin lakukan pemeriksaan dengan melepas selang bahan bakar kemudian masukkan ujung selang kedalam botol dan starter mobil anda. Jikal bahan bakar tidak mengalir dengan baik atau tidak lancar berarti pompa bensin tidak berfungsi dengan baik.
Demikian tentang ulasan mengenai Tips dan Trick, semoga bisa menambah wawasan dan bisa bermanfaat bagi Anda

Berikut Video Terkait Mengenai Artikel Diatas :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar